Laman

Senin, 02 Mei 2011

Teknologi Pemerintahan

Saat ini Dunia memasuki Generasi Manajemen ke-5. Yaitu suatu konsep manajemen yang berbasis Konwledge and Human Networking, dimana sumber kekuatannya adalah jaringan antar profesional.

Perkembangan generasi manajemen ini, tidak lepas dari kemajuan teknologi informasi yang merambah ke semua aspek kehidupan. Digitalisasi, telah menggeser secara cepat budaya kerja manual, sehingga menurut Bill Gates (pakar teknologi informasi/pendiri microsoft), "Dalam 30 tahun terakhir ini terdapat perkembangan yang sangat cepat, dimana hampir semua orang menjadi pekerja informasi"...

Tetapi...

  1. Apa yang dimaksud teknologi dan teknologi informasi?
  2. Apa manfaat penguasaan teknologi informasi bagi pemerintah dan masyarakat? dan Mengapa Pemerintah harus adaptif dengan teknologi tersebut?
  3. Apa yang akan terjadi jika suatu saat nanti, kehidupan manusia telah berubah menjadi kehidupan yang serba digital?

24 komentar:

RIZKY FIRDAUS mengatakan...

RIZKY FIRDAUS K
FISIP

1. Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern. dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

TEKHNOLOGI : Pengetahuan Tentang Prinsip-prinsip atau metode dan seni

2. a.Untuk mempermudah dalam komunikasi karena merupakan bahasa yang dipergunakan dalam komunikasi dalam sistem dan kehidupan masyarakat.
b. teknologi komunikasi dan informasi dipergunakan sebagai alat bantu penguasaan komunaikasi yang baik dalam salah satu ilmu pemerintahan baik secara visual maupun audiovisual agar tidak ada ambiguitas dalam penyampaiannya.

karena jika pemerintah tidak terbuka dalam perubahan dan perkembangan teknologi yang ada akan terjerumus dalam perubahan itu sendiri yang terjadi pada saat ini...dan teknologi mempermudah kita untuk mengetahui berbagai perkembangan ilmu baik dalam pemerintah itu sendiri maupun dunia.


3.
kerugian
a. akan tidak ada lagi hak man usia untuk menjaga privacy satu sama lain
b. manusia itu sendiri akan menjadi manusia manual yang terlena dengan perkembangan teknologi yang ada

keuntungan
a. akan mempermudah kinerja manusia dalam menyelesaikan segala persoalan

irfan rahmat ginanjar mengatakan...

IRFAN RAHMAT GINANJAR
FISIP UNLA

1. tekhnologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
tekhnologi adalah Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.
3. keuntungan :
manusia akan lebih terbantu, hidup lebih mudah dan praktis .
kerugian :
hidup manusia akan bergantung pada mesin dan rasa untuk beriteraksi sosial akan berkurang.
2. agar pemerintahan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat dan agar bisa lebih cepat tanggap dan lebih efisien bila ada permasalahan di masyarakat.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/tekhnologi_informasi

ALBERTO mengatakan...

ALBERTO T
FISIP/UNLA

3. menurut saya, itu sangat bagus karena segala sesuatu yang kita buat tdak mengeluar kan banyak biaya dan tenaga.
1. teknologi dan informasi adalah penggabungan komputer dan komunikasi untuk menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima.
2. manfaatnya agar pemerintah dapat menyampaikan informasi dengan cepat kepada masyarakat.

RUSDI UFNIA mengatakan...

RUSDY
FISIP/UNLA
3.menurut saya, maka seluru aktifitas manusia selalu di tujulan kepada pelayanan digital,dan manusia akan di manjakan dengan kehidupan yang serba teknologi.
1.teknologi informasi adalah menyampaikan sesuatu yang efisien dengan cara yang lebih mudah dan sebelumnya.
2.agar pemerintah dan masyarakat dapat sama_sama menyampaikan informasi dengan mudah dari satu pihak ke pihak lain.

hadi setiawan mengatakan...

1.teknologi adalah suatu cara untuk mempermudah daya pikir manusia sehinggga dengan adanya teknologi manusia bisa mengetahui suatu adanya perubahan jaman
teknologi informasi adalah suatu kabar yang di mana untuk mempermudah informasi yang kita dapat dari orang lain baik di negara sendiri maupun di negara orang
2.manfaatnya agar bisa memperlancar informasi secara cepat kepada masyarakat karena dengan adanya informasi secara teknologi masyarakat bisa mengetahui kejadian-kejadian secara langsung tidak seperti dahulu yang jamannya kuno tidak ada teknologi yang canggih seperti sekarang,,,karena pemerintah harus adaktif dengan teknologi tersebut supaya pemerintah ini berjalan dengan lancar baik dan benar.seperti adanya para pemerintah yang menjalankan tugas tidak benar bisa mencontoh pemerintah yang maju berjalan dengan baik.
3.yang akan terjadi jika suatu saat nanti kehidupan manusia telah berubah menjadi kehidupan serba digital ,maka manusia di muka bumi ini akan lebih maju,akan tetapi bisa juga terjadi kerusakan akibat manusia yang hidup di perdalaman ataupun di desa.yang belum ada listrik tetapi seandainya semua sudah nmasuk listrik maka akan masju kehidupan kita ini.

Chandra Gunawan mengatakan...

Chandra Gunawan
FISIP UNLA

1) Teknologi berasal dari kata "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan perbuatan suatu objek, kecakapan tertentu & "logos" artinya ilmu. Teknologi sendiri berarti pengetahuan tentang prinsip - prinsip atau metode dan seni dan merupakan mesin penggerak pertumbuhan melalui era administrasi.
Teknologi Informasi yaitu segala hal atau kegiatan yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi dari perangkat yang satu ke peangkat lainnya. http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi

2) Manfaat penguasaan teknologi informasi bagi pemerintah yaitu :
(1) dapat mengolah data administrasi dan tata usaha
(2) pelayanan masyarakat menjadi mudah
(3) pengolahan dan dokumentasi data penduduk menjadi efektif dan efisien
(4) perencanaan yang terorganisir
(5) statistika
(6) pengambilan keputusan
(7) system pemilu yang efektif
(8) dll
Sedangkan manfaat bagi masyarakat adalah semakin mudah dan cepat dalam mengakses informasi baik yang berada di dalam maupun luar negeri sekalipun. Karena teknologi pada jaman sekarang tidak mengenal batas ruang dan waktu.
Pemerintah tentu saja harus adaptif dengan teknologi tersebut. Hal ini dikarenakan semakin berkembang pesatnya kemajuan teknologi di dunia, dan apabila pemerintah tidak adaptif terhadap perubahan dan perkembangan teknologi saat ini, maka pemerintah itu sendiri akan mengalami ketertinggalan informasi sekaligus mengalami kesulitan dalam menjalankan kegiatan pemerintahan yang saat ini sudah menggunakan system komputerisasi.

3) Apabila kehidupan manusia telah berubah menjadi kehidupan yang serba digital, tentu saja akan membawa dampak positif dan negatif.
Dampak positifnya adalah manusia tersebut akan menjadi orang yang melek teknologi (tidak gaptek), dan juga dapat mengakses informasi secara mudah dan cepat karena dunia digital itu tidak mengenal batas ruang dan waktu.
Dampak negatifnya adalah manusia tersebut akan bersifat individualisme (tidak berbaur dengan masyarakat sekitar), dan tidak menutup kemungkinan akan banyak terjadi tindakan kriminalitas, contohnya : banyak terjadi kasus penculikan melalui facebook, kasus penipuan, hecker (pembajak computer) dan masih banyak lagi.

Rangga Kusumahwardhana (41153010080033) mengatakan...

1. Teknologi menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.

lengkapnya dapat dilihat di bawah ini :

http://www.lintasberita.us/topic/Djoyohadikusumo+1994

sedangkan

Teknologi informasi (TI) atau Information Technology (IT) merupakan teknologi yang menggabungkan
komputasi (aplikasi komputer) dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara, maupun video.

dikutip dari buku : Juharis Rasul & Abdul Hamid (2006 : 27). Teknologi Informasi & Komunikasi SMA kelas X.

2. Teknologi Informasi dapat meningkatkan hubungan kerjasama antara pemerintah / masyarakat dengan
pihak-pihak lainnya.

Manfaat Bagi masyarakat tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan maupun mendapatkan informasi secara aktual.
Manfaat bagi pemerintah sendiri melancarkan kinerja pemerintahan sendiri seperti :

- Government To Citizen (G2C) = sosialisasi terhadap masyarakat
- Government To Business Enterprises (G2B) = kerjasama dengan perusahaan bisnis
- Government To Governtment (G2G) = sosialisasi pemerintah dan pemerintah lainnya

Pemerintah jelas harus adaptif terhadap teknologi informasi karna dengan e-government, keputusan-keputusan politik dapat segera dilakukan dan disosialisasikan kepada masyarakat, para pelaku bisnis, dan pemerintah negara lain.
Disamping itu warga negara dapat memberikan masukan-masukan maupun kritik terhadap pemerintah secara langsung melalui e-mail maupun forum elektronik yang dibangun.
Dengan teknologi informasi juga pemerintah dapat mengenalkan potensi wilayah kepada investor asing maupun domestik mengenai penanaman investasi tempat-tempat pariwisata kepada wisatawan asing maupun domestik.

dikutip dari buku : Y. Maryono & B. Patmi Istiana (2006 : 39). Teknologi Informasi & Komunikasi Jilid 1

3. Bila dunia sudah serba digital jelas kita akan dihadapkan kepada 2 Dampak yang terjadi. diantaranya :

Dampak Positif :
1. Bagi Perorangan :
a. Memberikan Hiburan (Entertainment) dan mengembangkan Hobi
b. Membantu Pembelajaran
c. Membantu pengaturan keuangan

2. Bagi Organisasi / Perusahaan
a. Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas
b. Meningkatkan Komunikasi dan Kerja Sama
c. Meningkatkan Daya Saing

Dampak Negatif :
a. Terasing Dari Lingkungan
b. Meningkatkan Kejahatan di Dunia Maya
c. Merusak Moral
d. Menciptakan Kesombongan Diri
e. Mengganggu Kesehatan
f. Meningkatnya Jumlah Pengangguran
g. Menurunnya Kemampuan Berfikir
h. Mempengaruhi Kejiwaan
i. Berpotensi Merusak Lingkungan Hidup

dikutip dari buku : Y. Maryono & B. Patmi Istiana (2006 : 40). Teknologi Informasi & Komunikasi Jilid 1

Helby husni Mubarok mengatakan...

1.-Teknologi diyakini sebagai alat pengubah. Sejarah membuktikan evolusi teknologi selalu terjadi sebagai tujuan atas hasil upaya keras para jenius yang pada gilirannya temuan teknologi tersebut diaplikasikan untuk memperoleh kemudahan dalam aktivitas kehidupan dan selanjutnya memperoleh manfaat dari padanya.http://miswinda.wordpress.com/teknologi-komunikasi-dan-informasi-dalam-bidang-pertanian/
-Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

2.- masyarakat akan bisa melihat dunia tanpa harus ketempat itu, bisa membaca tanpa harus bawa-bawa buku.
-pemerintah yang peka akan perkmbangan tekhnologi terjadinya perubahan paradigma. dari birokrasi yang lama menjadi cepat,dari sempit menjadi luas. dan dapat meningkatkan hubungan pemerinat dengan pihak-pihak lain. memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat lebih cepat dan efisien.

3. kehidupan manusia tidak lagi dinamakan sosial, karena digital akan membuat manusia egois,tidak memerlikan bantuan orang lain. manusia berubah menjadi mahluk yang egois. tapi di samping itu manusia lebih banyak tau berita dan informasi secara cepat.

Mukar.m.djamal mengatakan...

1.Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut dapat lebih cepat, dan lebih luas dalam penyebarannya.

Sebuah organisasi atau perusahaan, umumnya memerlukan tingkat komunikasi dan informasi yang tinggi. Ya, komunikasi dan informasi merupakan dua hal yang mungkin cukup krusial ba
gi sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan adanya teknologi informasi, sebuah organisasi atau perusahaan dapat :

- lebih mengenali pangsa pasar dan juga tingkat persaingan yang ada
- menata manajemen intern dengan lebih baik
- efisiensi dalam produktivitas
http//www bloger.com/

Sajli abd rahman mengatakan...

1. Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik.

2. teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government)

3. Manusia akan semakin konsumtif,instant dan praktis dan lebih mementingkan diri sendiri(Individualis)

Anonim mengatakan...

Eko Soelistyo P.WS
FISIP UNLA

1.Teknologi berasal dari kata "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan perbuatan suatu objek, kecakapan tertentu & "logos" artinya ilmu. Teknologi sendiri berarti pengetahuan tentang prinsip - prinsip atau metode dan seni dan merupakan mesin penggerak pertumbuhan melalui industri.(eraindustrialisasi)

2.Manfaat penguasaan teknologi informasi bagi pemerintah:
-dapat mengolah data administrasi dan tata usaha
-pelayanan masyarakat menjadi mudah
-pengolahan dan dokumentasi data penduduk menjadi efektif dan efisien
-perencanaan yang terorganisir
-statistika
-pengambilan keputusan
system pemilu yang efektif.

Manfaat bagi masyarakat adalah semakin mudah dan cepat dalam mengakses informasi baik yang berada di dalam maupun luar negeri sekalipun. Karena teknologi pada jaman sekarang tidak mengenal batas ruang dan waktu.
Pemerintah tentu saja harus adaptif dengan teknologi tersebut karena dapat membantu juga dalam program PELAYANAN PRIMA.

3.Tidak akan ada lagi makhluk sempurna (MANUSIA)yang sangat pandai dalam menjalankan serta memberikan inspirasi terhadap perkembangan zaman yang saat ini sedang dalam masa krisis,karena akal,pikiran,serta naluri untuk semua itu sudah tidak lagi dipakai akibat bantuan dari adanya DIGITAL yang sangat membantu mereka dalam segala aktifitas sehari-hari.

Eko Soelistyo Prabowo.WS mengatakan...

1.Teknologi berasal dari kata "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan perbuatan suatu objek, kecakapan tertentu & "logos" artinya ilmu. Teknologi sendiri berarti pengetahuan tentang prinsip - prinsip atau metode dan seni dan merupakan mesin penggerak pertumbuhan melalui industri.(eraindustrialisasi)

2.Manfaat penguasaan teknologi informasi bagi pemerintah:
-dapat mengolah data administrasi dan tata usaha
-pelayanan masyarakat menjadi mudah
-pengolahan dan dokumentasi data penduduk menjadi efektif dan efisien
-perencanaan yang terorganisir
-statistika
-pengambilan keputusan
system pemilu yang efektif.

Manfaat bagi masyarakat adalah semakin mudah dan cepat dalam mengakses informasi baik yang berada di dalam maupun luar negeri sekalipun. Karena teknologi pada jaman sekarang tidak mengenal batas ruang dan waktu.
Pemerintah tentu saja harus adaptif dengan teknologi tersebut karena dapat membantu juga dalam program PELAYANAN PRIMA.

3.Tidak akan ada lagi makhluk sempurna (MANUSIA)yang sangat pandai dalam menjalankan serta memberikan inspirasi terhadap perkembangan zaman yang saat ini sedang dalam masa krisis,karena akal,pikiran,serta naluri untuk semua itu sudah tidak lagi dipakai akibat bantuan dari adanya DIGITAL yang sangat membantu mereka dalam segala aktifitas sehari-hari.

M.Fauzan Julian Razaq mengatakan...

1.Teknologi adalah Mesin penggerak pertumbuhan melalui industri yang berarti serangkaian p[rinsip yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek.

2.
-.mempermudah dalam komunikasi karena merupakan bahasa yang dipergunakan dalam komunikasi dalam sistem dan kehidupan masyarakat.
-teknologi komunikasi dan informasi dipergunakan sebagai alat bantu penguasaan komunaikasi yang baik dalam salah satu ilmu pemerintahan yang sangat bermanfaat bagi semuanya.

3.yang akan terjadi jika suatu saat nanti kehidupan manusia telah berubah menjadi kehidupan serba digital ,maka manusia di muka bumi ini akan lebih maju,akan tetapi bisa juga terjadi kerusakan akibat manusia itu sendiri.

Yudi Okta Maulana mengatakan...

1. teknologi informasi adalah istilah untuk menjabarkan sekumpulan sistem informasi, pemakai, dan manajemen (diulas oleh Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999). Pendapat ini menggambarkan teknologi dalam perspektif yang luas. Namun, kalau didasarkan pada definisi sistem informasi menurut Alter, teknologi informasi hanyalah bagian dari sistem informasi. Menurut kamus Oxford (1995), teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan dan gambar.

http://manusiabiasa830.blogspot.com/2010/02/apa-itu-teknologi-informasi.html

TEHKNOLOGI :metode pengetahuan yang dilaksanakan dengan system dalam pemakaian dari pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.
2. a. Salah satunya adalah menjalankan salah satu program kerja pemerintah yaitu memberikan pelayanan dengan ManFaatnya bagi Dunia PenDidikan. Dan bagi masyarakat manfaat penguasaan teknologi informasi artinya siswa dapat memanfaatkan program-prgram pendidikan yang disediakan di jaringan Internet kapan saja sesuai dengan waktu luang mereka, sehingga kendala ruang dan waktu yang mereka hadapi untuk mencari sumber belajar dapat teratasi.

http://gareng123.blogspot.com/2009/06/teknologi-informasi-dan-manfaatnya-bagi.html

b. eknologi komunikasi dan informasi dipergunakan sebagai alat bantu penguasaan komunaikasi yang baik dalam salah satu ilmu pemerintahan baik secara visual maupun audiovisual agar tidak ada ambiguitas dalam penyampaiannya.

karena jika pemerintah tidak terbuka dalam perubahan dan perkembangan teknologi yang ada sesuai dengan perkembangan zaman maka masyarakat akan tetap memndapatkan pengetahuannya sesuai dengan cara tradisional dan tidak berkembang mengenai pengetahuan tehkologi.

3. dari perkembangan tehknologi ini akan sangat membantu dalam aktivitas manusia sehari-hari.. baik dalam komunikasi dan hal-hal lainnya.

m.Tsabit aqdam mengatakan...

1.teknologi adalah serangkaian prinsip atau metode yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek tertentu

2.dapat mempermudah masyarakat dalam pencapaian pelayanan yang maksimal dan terpadu,selain itu juga dapat menunjang kinerja kerja pemerintahan yang ada dalam memanfaatkan teknologi agar dapat saling membantu

3.akan hilangnya budaya sosial yang sangat melekat pada diri manusia

Muhammad abdu jailani mengatakan...

MUHAMMAD ABDU JAILANI
FISIP-UNLA

1. Teknologi informasi ataupun E-Business yang di devinisikan secara universal. E-Governmenr adalah penggunaan teknologi komunikasi dan informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efekrifitas."PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK BISNIS OLEH M.SUYANTO,2005,PADA HALAMAN 331" yang mengutip(Clay G. Wescott)

2. Manfaat Teknologi informasi bagi pemerintah adalah dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang paling umum,pelayanan tersebut dapat meliputi pelayanan pajak,pelayanan kartu penduduk,pelayanan peratutan pemerintah,pelayanan perijinan pemasangan reklame,pendaftaran hak cipta,pelayanan perpanjangan SIM dan STNK,pelayanan ibadah haji,pelayanan hak cipta kepemilikan intelektual,informasi peratutan dan sebagainya,Sedangkan manfaat Teknologi Informasi untuk masyarakat adalah masyarakat lebih mudah dalam mencari berbagai informasi yang terkait dengan pelayanan misalnya masyarakat tidak perlu mengantri untuk membuat KTP,SIM,STNK,dan surat perijinan pembangunan.
"PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK BISNIS OLEH M.SUYANTO,2005,PADA HALAMAN 331"

3. Kehidupan manusia akan berubah,manusia sangat bergantung pada teknologi,bahkan juga robot,karna pekerjaan manusia akan tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama,dan tingkat kriminalitas akan semakin tinggi apabila pengawasan terhadap teknologi itu rendah.

Erick Lukman mengatakan...

Erick Lukman
Fisip Unla

1. Teknologi Informasi biasa disebut TI, IT (Information Technology) atau Infotech.
Berbagai definisi teknologi informasi telah diutarakan oleh beberapa ahli, diantaranya :
Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
http://www.scribd.com/doc/24946950/Pengertian-Teknologi-Informasi

2.-Pemerintah..Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkanhubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), G2G (Government to Government)

-Masyarakat..Melihat populasi penduduk Indonesia yang merupakan nomor lima terbesar di dunia dan mengingat kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan maka dapat dipastikan bahwa kebutuhan akan media teknologi komunikasi informasi (ICT=Information Communication Technology) yang handal menjadi sebuah kemutlakan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dan untuk itu sudah menjadi kewenangan dan tugas para pengambil kebijakan bidang teknologi informasi di negeri ini untuk mulai memikirkan bagaimana mengakselerasikan kemampuan penguasaan teknologi masyarakat kita dibidang teknologi komunikasi informasi yang sudah pasti akan sangat bermanfaat bagi perkembangan pembangunan bangsa dan negara ini kedepan.
http://www.tribunnews.com/2011/01/12/manfaat-teknologi-informasi-untuk-umat-manusia

3. Masalah kejahatan mayantara dewasa ini sepatutnya mendapat perhatian semua pihak secara seksama pada perkembangan teknologi informasi masa depan, karena kejahatan ini termasuk salah satu extra ordinary crime (kejahatan luar biasa) bahkan dirasakan pula sebagai serious crime (kejahatan serius) dan transnational crime (kejahatan antar negara) yang selalu mengancam kehidupan warga masyarakat, bangsa dan negara berdaulat. Tindak pidana atau kejahatan ini adalah sisi paling buruk di dalam kehidupan moderen dari masyarakat informasi akibat kemajuan pesat teknologi dengan meningkatnya peristiwa kejahatan komputer, pornografi, terorisme digital, “perang” informasi sampah, bias informasi, hacker, cracker dan sebagainya.
http://rianda98.wordpress.com/2010/04/06/jenis-jenis-ancaman-threats-yang-dapat-dilakukab-akibat-menggunakan-melalui-it-dan-buat-contoh-kasus-computer-crimecyber-crime/

Mukar.m.djamal mengatakan...

3. kehidupan manusia akn semakin mudah di dalam hal tekhnologi dan komonikasi akn semakin berjalan lancar.

2. Kenyataan bahwa era globalisasi membuat jarak antara suatu daerah dengan daerah lainnya seolah kabur bahkan tak berjarak lagi serta berimplikasi pada semakin meningkatnya arus informasi yang beredar antar sosial seakan tak bisa terbantahkan lagi. Hal ini tak luput dari peranan teknologi telekomunikasi nirkabel yang merangsang penyebaran informasi ke berbagai lapisan dan ponsel/handphone merupakan salah satu teknologi telekomunikasi yang tak asing lagi di tengah masyarakat serta kerap mengubah peta industri telekomunikasi secara radikal.

Dampak kehadiran telepon genggam pada negara-negara berkembang sama revolusionernya dengan dampak adanya jalan raya, rel kereta api dan pelabuhan, sehingga mempererat kesatuan sosial dan mendorong bangkitnya semangat wirausaha yang merangsang kegiatan perdagangan dan membuka lapangan kerja. Telepon genggam semakin diakui sebagai alat yang sangat berguna dalam upaya mengentas kemiskinan, karena alat ini memotong biaya transaksi, memfasilitasi kegiatan wirausaha dan mampu menggantikan sistem transportasi dan pos-pos yang lamban serta tidak dapat diandalkan.

ELLY SAMAY mengatakan...

Nama :Elly Samay

1. Pengertian teknologi
Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi#Pengertian_Teknologi)

Pengertian teknologi informasi
Teknologi Informasi biasa disebut TI, IT (Information Technology) atau Infotech.
Berbagai definisi teknologi informasi telah diutarakan oleh beberapa ahli, diantaranya :

Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

2. Apa manfaat penguasaan teknologi informasi bagi pemerintah dan masyarakat? dan Mengapa Pemerintah harus adaptif dengan teknologi tersebut?

I. Apa manfaat penguasaan teknologi informasi bagi pemerintah dan masyarakat?
1. Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.

2. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.

3. Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya
(http://tik-sekolah.blogspot.com/2009/04/manfaat-teknologi-informasi-e.html)

4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce .

II. Mengapa Pemerintah harus adaptif dengan teknologi tersebut?
Karena banyak pihak berpendapat bahwa penggunaan Teknologi Informasi (TI) mendukung penerapan Good Governance. Pendapat ini tidak salah namun juga belum sepenuhnya benar. Hubungan antara TI dan good governance serta implikasi yang dihasilkan dari hubungan tersebut relatif belum banyak terdefinisikan.
Paper ini mencoba memberi gambaran mengenai hubungan dan implikasi antar keduanya serta mengajukan usulan bagaimana masyarakat memanfaatkan hubungan ini dalam upaya mewujudkan masyarakat yang taat dan tertib
(www.scribd.com › Business/Law › Marketing)

3. Apa yang akan terjadi jika suatu saat nanti, kehidupan manusia telah berubah menjadi kehidupan yang serba digital?
Jika nanti kehdupan manusia berubah menjadi kehidupan yang serba digitalis, maka akan menggeser secara cepat budaya kerja manual, seperti menurut Bill Gates (pakar teknologi informasi/pendiri microsoft), "Dalam 30 tahun terakhir ini terdapat perkembangan yang sangat cepat, dimana hampir semua orang menjadi pekerja informasi"...

FAJAR JULIAN mengatakan...

1. Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Sedangkan Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data , termasuk memproses, mendapatkan , menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara . Untuk menghasilkan informasi yang berkualitas , yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan, merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi#Pengertian_Teknologi
http://tik-sekolah.blogspot.com/2009/04/manfaat-teknologi-informasi-e.html
3. Proses perubahan sosial dapat berlangsung secara cepat atau lambat. Cepat-lambatnya perubahan sosial di setiap masyarakat berbeda-beda. Perubahan pada masyarakat kota akan lebih cepat dibanding masyarakat di desa. Perubahan sosial pada masyarakat ada yang berdampak positif mendorong kebaikan serta kemajuan, tapi banyak pula yang menjerumuskan pada keburukan dan kemunduran. Ada dua akibat perubahan sosial yang berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat, yaitu Cultural Lag dan Mestizo Cultural (Vina Dwi Laning, 2008).
Cultural Lag adalah suatu kondisi di mana terjadi kesenjangan antara berbagai bagian dalam suatu kebudayaan. Hal ini disebabkan perubahan pada suatu bidang tidak diimbangi perubahan pada bidang lainnya. Misalnya perkembangan pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tidak diimbangi peningkatan iman dan takwa pada masyarakat sehingga dapat menimbulkan ekses negatif bagi peradaban manusia.
Mestizo Cultural adalah suatu proses pencampuran unsur kebudayaan yang mempunyai sifat dan warna yang berbeda. Gejala ini ditandai dengan adanya pola konsumsi yang berlebihan dan sikap pamer kekayaan antarmasyarakat (materialistis dan hedonis).
http://agppgrijabar.blogspot.com/2011/02/ancaman-cultural-lag-dan-mestizo.html
2. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain, penggunaan teknologi informasi in kemudian menghasilkan hubungna bentuk baru seperti: G to C[ Government to Citizen], G to B [ Government to Business ], dan G to G [ Government to Government ].
Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
1. Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
2. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
3. Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya.
4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce .
http://tik-sekolah.blogspot.com/2009/04/manfaat-teknologi-informasi-e.html

ARI AGUSTIAN H mengatakan...

ARI AGUSTIAN H
FISIP UNLA
1. mengutamakan kualitas melalui kepuasan individu (pelanggan maupun anggota organisasi); ciri utamanya adalah bagaimana mengintegrasikan perusahaan melalui jejaringan manusia; unsur manusia di dalam organisasi dihargai sangat tinggi sebagai individu yang memiliki keahlian-keahlian tertentu; individu anggota organisasi bukan hanya sekedar alat produksi.
Tokoh Charles M. Savage bukunya Fith Generation Management – integrating enterprises through human networking, 1990
2. teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri.[1] Oleh sebab itu, tepat momentumnya jika kita merenungkan masalah teknologi, menginventarisasi yang kita miliki, memperkirakan apa yang ingin kita capai dan bagaimana caranya memperoleh teknologi yang kita perlukan itu, serta mengamati betapa besar dampaknya terhadap transformasi budaya kita
- Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
- Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain, penggunaan teknologi informasi in kemudian menghasilkan hubungna bentuk baru seperti: G to C[ Government to Citizen], G to B [ Government to Business ], dan G to G [ Government to Government ].
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
3. muncul ketika imajinasi kita menyentuh sebuah kata bernama Digital. Lantas, imajinasi selanjutnya akan terbang ke sebuah kehidupan yang serba praktis dan bernuansa futuristik.Belakangan, gaya hidup digital semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Masyarakat semakin tergantung dengan teknologi, mulai dari ponsel untuk komunikasi hingga komputer untuk alat bantu kerja.
http://teknopreneur.com/content/era-dan-gaya-hidup-digital

FAJAR JULIAN mengatakan...

FAJAR JULIAN
FISIP UNLA
1. Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Sedangkan Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data , termasuk memproses, mendapatkan , menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara . Untuk menghasilkan informasi yang berkualitas , yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan, merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi#Pengertian_Teknologi
http://tik-sekolah.blogspot.com/2009/04/manfaat-teknologi-informasi-e.html
3. Proses perubahan sosial dapat berlangsung secara cepat atau lambat. Cepat-lambatnya perubahan sosial di setiap masyarakat berbeda-beda. Perubahan pada masyarakat kota akan lebih cepat dibanding masyarakat di desa. Perubahan sosial pada masyarakat ada yang berdampak positif mendorong kebaikan serta kemajuan, tapi banyak pula yang menjerumuskan pada keburukan dan kemunduran. Ada dua akibat perubahan sosial yang berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat, yaitu Cultural Lag dan Mestizo Cultural (Vina Dwi Laning, 2008).
Cultural Lag adalah suatu kondisi di mana terjadi kesenjangan antara berbagai bagian dalam suatu kebudayaan. Hal ini disebabkan perubahan pada suatu bidang tidak diimbangi perubahan pada bidang lainnya. Misalnya perkembangan pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tidak diimbangi peningkatan iman dan takwa pada masyarakat sehingga dapat menimbulkan ekses negatif bagi peradaban manusia.
Mestizo Cultural adalah suatu proses pencampuran unsur kebudayaan yang mempunyai sifat dan warna yang berbeda. Gejala ini ditandai dengan adanya pola konsumsi yang berlebihan dan sikap pamer kekayaan antarmasyarakat (materialistis dan hedonis).
http://agppgrijabar.blogspot.com/2011/02/ancaman-cultural-lag-dan-mestizo.html
2. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain, penggunaan teknologi informasi in kemudian menghasilkan hubungna bentuk baru seperti: G to C[ Government to Citizen], G to B [ Government to Business ], dan G to G [ Government to Government ].
Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
1. Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
2. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
3. Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya.
4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce .
http://tik-sekolah.blogspot.com/2009/04/manfaat-teknologi-informasi-e.html

erickvand blog mengatakan...

malam sobatku...
kunjungan perdana disini sekalian tukaran link.link banner sobat sudah terpasang diblog saya,silahkan dicek :-)
mudah2han dengan bertukar link tali persaudaraan kita semakin erat..
oh yah followku udah sukses juga no 181..
terima kasih...

Anonim mengatakan...

IRWAN SETIAWAN .
41153010100002 .
1.*Teknologi adalah adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
* Teknologi informasi :istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.
2.*manfaat bagi pemerintah.
-Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien,
-Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
-informasi dapat di cari dan diperoleh dmn saja dan kapan saja.
*manfaat bagi masyarakat .
-pelaksanaan pekerjaan lebih cepat
-dapat berkomunikasi dmn saja dam lapan saja .
-dapat menyampaikan informasi secara cepat dan mudah .
*Mengapa pemerintah harus adaftif terhadap teknologi:
Karna penguasaan teknologi merupakan bagian dari pemerintahan yang baik dan bersih.serta Agar teknologi bisa menjadi salah satu perantara untuk mewujudkan good governance .tapi perlu di sadari bahwa Hubungan antara TI dan good governance sertaimplikasi yang dihasilkan dari hubungan tersebut relatif belum banyakterdefinisikan.
3.Kemajuan teknologi informasi yang serba digital membawa orang ke dunia bisnis yang revolusioner karena dirasakan lebih mudah, murah, praktis dan dinamis berkomunikasi dan memperoleh informasi. Di sisi lain, berkembangnya teknologi informasi menimbulkan pula sisi rawan yang gelap sampai tahap mencemaskan dengan kekhawatiran pada perkembangan tindak pidana di bidang teknologi informasi yang berhubungan dengan “cybercrime” atau kejahatan mayantara.

Peta Visitor

Free Kicks Game