Halaman

Senin, 21 April 2014

Teknologi Pemerintahan

Pertanyaan:
  1. Apakah penerapan teknologi informasi di Indonesia telah membantu mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme? 
  2. Jika seluruh penduduk dewasa Indonesia (17 tahun ke atas) dari total jumlah penduduk saat ini kurang  lebih sebanyak 250 juta jiwa menggunakan internet, baik melalui handphone, komputer, laptop, dll, dari mulai petani/buruh, hingga konglomerat, untuk keperluan sehari-hari, maka apa yang akan terjadi?

13 komentar:

Anonim mengatakan...

Nama : Apriyati Watora
NPM : 41153010110086
jurusan/sem/kls :IP/VI/A

Jawaban:
1.Penerapan teknologi informasih telah membantuh mewujudkan Pemerintah yg bersih dari Korupsi,Kolusi dan Nepotisme jika pemerintah indonesia ingin meliah negara kita bebas dari KKN maka teknologi informasi yg sudah ada dapat di butuhkan dengan baik dan agar dapat melaksanakan tugasnya untuk memberantas KKN agar negara kita terbebas dari KKN dan bila perlu yg melakukan KKN di beri hukuman yang setimpat dengan apa yg diperbuat.

2.Maka apa yang akan terjadi:
maka yg harus di butuhkan adalah teknologi informasih yg lebih cepat, Dan teknologi informasi daat membuat masyarakat menjadi hidup di jaman serbah bisa atau jaman digital yg semakin canggi.

dika saputra mengatakan...

Nama : Andhika Dwitiya Saputra
NPM : 41153015130089
Jurusan/Semester/Kelas : IP/VI/A


Jawaban :
1. Menurut saya , Untuk saat ini sudah cukup membantu mengurangi hal hal seperti kolusi korupsi dan nepotisme. Memang tidak sekaligus semuanya bisa hilang . namun dengan adanya teknologi informasi setidaknya hal hal negatif tersebut bisa di kurangi . dan sedikit demi sedikit masalah tersebut bisa teratasi . Guna terciptanya suatu pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih dan terhindar dari yang namanya kolusi korupsi dan nepotisme.

2. Yang akan terjadi :
menurut saya , jika kebanyakan masayarakat Indonesia menggunakan internet . ada 2 hal yg terwujud. yaitu dilihat dari sisi positif dan sisi negatif dari kegunaan internet nya itu sendiri. yaitu :
a.Sisi Positif nya. Masyarakat bisa lebih terbantu dalam mencari Informasi-informasi yang di perlukan. Juga dalam segi wawasannya pun bisa lebih Luas. karena semua nya pun bisa di cari melalui Internet.
b.Sisi Negatif nya , Tidak menutup kemungkinan. pasti ada yang menyalah gunakan internet itu sendiri. Contohnya sperti kejahatan melalui dunia maya atau bisa di katakan seperti penyadapan. Dan jika masayarakat indonesia semuanya lebih mementingkan internet itu sendiri

Anonim mengatakan...

NAMA : RIFANI MUSDALIFA LATURAUW
NPM : 41153010110061
JURUSAN/SEM/KLS : IP/VI/A

1.Keuntungan yang telah dicapai manusia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan m Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut dengan e-goverment membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dirancangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. E-govermentjuga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.emudahkan manusia dalam mengerjakan tugas yang harus dikerjakan.
Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain :
Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakar
Informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
Pelayanan Masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh
Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.dan pemerintah Indonesia harus bisa mempertahankan dan mau memberikan informasi kepada masyarakat dan membuka lapangan kerja kepada masyarakat melalui informasi internen dan masyarakat mudah untuk mendapatkan informasi itu,pemerintahan Indonesia selalu memfasilitaskan masyrakat yang dari kekurangan kecil-kecilan seperti ketinggalan informasi pemerintah lebih bertanggung jawab atas kerjanya agar pemerintah bisa terjauhkan diri dari kurupsi dan selalu peduli terhadap masyarakat dan akan bersih dari korupsi’koluksi dan nepotisme .sudah menjadi tekad pemerintah untuk menjalankan tugas dan kewenangannya dengan oenuh tanggung jawab bersih dari korupsi,koruksi dan nepotisme (KKN)
di dapat dari internet
https://www.goole.com/

2.penyebab seluruh masyarakat indonesia menggunakan Internet di kalanagan tegnologi ini akan terjadi kerusakan dalam lingkungan kehidupan sosial seperti linkungan masyarakat dengan adanya internet anak Indonesia dengan mudah mengetahui seluruh informasi yang begiti luas karena dalam internet memberikan informasi yang baik maupun yang tidak baik nah disitulah kebanyakan orang Indonesia kewarnet atau buka internet melalui HP mereka bukan hanya mencari informasi saja tetapi ada yang serimg terjadi menonto dan mendolowt video yang kurang bagus buat msyarakat indonesi dan itu bukan hanya terjadi pada orang dewasa sja tetapi terjdi pada anak-anak Usia Dini anak sekolah,SD,SMP,SMA dan kalangan remja mau pun Mahasiswa, dengan menggunkan sering terjadilah timbul permasalahan-permasalahan yang kurang baik dan itu akan merusak cara hidup karena sering membuka internet yang tidak pasti seluh masyarakat Indonesia memang sangat membutuhkan jaringan internet biar bisa dengan mudah mendapat informasi tetapi di satu sisi orang-orang melebihi itu maka selalu kejahatan itu selalu terjadi di mana-mana karena perubahan kahidupan zaman sekarang serba terknologi yang begitu canggi dan dampak negatifnya selalau ada.
Di kutip dari pendapat saya sendiri.
22 April 2014

Ninda ayu agustin mengatakan...

Nama : Ninda Ayu Agustin
NPM : 41153010110016
Jurusan/Semester/Kelas : IP/VI/A

jawaban :
1. menurut saya penerapan teknologi di indonesia kurang membantu dalam mewujudkan pemerintah yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme karena faktanya sekarang masih banyak terjadi KKN di negara ini . pada dasarnya KKN itu terjadi karena kebiasaan sistem birokrat yang dari dulu terjadi hingga saat ini , faktor lingkungan dan kurangnya kesadaran pengawasan terhadap diri sendiri(waskat).
dan banyak lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki situs dan web resmi namun tidak on-line itu merupakan salah satu contoh bahwa penerapan sistem teknologi pemerintahan kurang maksimal.

2. yang akan terjadi jika warga indonesia banyak menggunakan internet salah satunya media sosial masyarakat akan lebih cepat mendapatkan informasi apapun , wawasannya lebih luas dan masyarakat tidak lambat dalam pengembangan teknologi. akan tetapi jika masyarakat banyak menggunakan internet , masyarakat akan cenderung indivudial karena mereka merasa tidak perlu banyak berinteraksi antara satu dengan yang lain dan mereka berfikir kebutuhan mereka terpenuhi di internet. dan warga indonesia hanya bisa menjadi pengguna media sosial saja bukan menjadi pencipta.

Viny Damayanti mengatakan...

Nama : VINY DAMAYANTI
NPM : 41153010110043
Jurusan/Sem/Kls : IP/VI/A

jawaban :
1. sebenarnya jika dimanfaatkan dengan semestinya penerapan teknologi informasi dalam pemerintahan sangat dapat membantu mewujudkan pemerintahan yang bersih dari KKN. namun pada kenyataannya dengan adanya teknologi informasi dalam pemerintahan sama sekali belum membantu mewujudkan pemerintahan yang bersih dari KKN, karena kkn sudah mengakar dan membudaya dalam tubuh pemerintahan indonesia dengan sifat manusia yang selalu merasa tidak pernah puas dan juga dari aparatur pemerintahan tersebut tidak bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

2.jika seluruh warga indonesia menggunakan internet, maka penyebaran informasi akan lebih cepat dan warga indonesia akan lebih cepat dan mudah dalam mengakses dan menerima segala informasi yang ada. namun dari sisi lain penggunaan internet dapat membuat masyarakat menjadi konsumtif, individualistis, mempermudah masuknya budaya asing. dan juga dapat merusak moral masyarakat karena dapat dengan bebasnya mengakses hal-hal berbau pornografi. serta dapat juga menimbulkan cyber crime bahkan penculikan serta pembunuhan sering terjadi melalui media sosial yang berakses internet.

sumber :
*http://artikelterkait.com/dampak-negatif-internet.html
*https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120928152520AADFadr
*http://portal.paseban.com/article/129111/dampak-positif-dan-negatif-internet

Anonim mengatakan...

Nama : NAUFAL FERDIANA
NPM : 41153010110001
Jur/sem/kls : IP/VI/A

Jawaban :
1. Menurut saya penerapan teknologi informasi di Indonesia sudah cukup efektif membantu mewujudkan pemerintahan yang bersih dari KKN. Saya ambil contoh pemberantasan korupsi oleh KPK, KPK menggunakan alat penyadapan untuk melacak para pejabat yang melakukan penyuapan. Dengan alat tersebut KPK akan dengan mudah mendapatkan barang bukti untuk menangkap pejabat yang melakukan penyuapan tersebut.
Akan tetapi dengan penerapan teknologi informasi ini tidak sepenuhnya pemerintah terhindar dari KKN, KKN akan tetap ada selama aparatur Negara bersikap tidak jujur, mementingkan kepentingan sendiri atau golongan, ada “kongkalikong” antar aparat pemerintah dan pada akhirnya rakyat juga yang menjadi korban.
2. Jika seluruh penduduk dewasa Indonesia menggunakan internet dengan didasari oleh pendidikan yang baik, bukan tidak mungkin penduduk Indonedia sebagian besar akan menjadi cerdas dan secara tidak langsung dengan kecerdasannya bisa meningkatkan kualitas hidupnya serta bisa membantu membangun Negara menjadi lebih baik, tapi jikalau pengguna internet tersebut menyalahgunakannya, mental penduduk akan menurun dikarenakan penggunaan internet yang salah.

Rusli Hermawab mengatakan...

Nama : RIZKI PUJIANTI
NPM : 41153010110064
Jur/sem/kls : IP/VI/A

Jawaban :
1. Menurut saya penerapan atau perubahan tentunya selalu di iringi dengan adanya pro dan kontra,tetapi di era globalisasi saat ini TI sangat atau mungkin sudah menjadi bagian yang mempunyai peran penting dalam kehidupan kita terutama bagi kalangan pembisnis.
jadi menurut saya teknologi informasi masih belum cukup efektip dalam memberantas KKN walaupun sudah ada beberapa para pelaku koruptor yang tertangkap dengan kinerja teknologi informasi tersebut.
meskipun sudah terbentuknya birokrasi birokrasi yang bertujuan untuk memberantas KKN tetapi belum sepenuhnya negara ini terbebas dari korupsi,kolusi,dan nepotisme.
2. Internet merupakan fungsi yang banyak di gunakan untuk mencari informasi atau memudahkan dalam bidang bisnis,sosial,dan budaya menurut saya internet sangat bermanfaat dan di butuhkan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi yang di inginkan.

Rusli Hermawab mengatakan...

Nama : DWI NASTITI FL
NPM : 41153010110060
Jur/sem/kls : IP/VI/A

Jawaban :
1. Yang jelas penerapan internet di lingkungan pemerintahan sangat penting,tapi tidak menjamin pemerintahan tersebut bersih dari praktek KKN,karna faktanya yang terjadi sampai saat ini KKN masih merajalela.
2. Bagus,karna semuanya akan menjadi transfaransi,semuanya akan terbuka masyarakat akan lebih mandiri,kreatif,inopatif,dan mempermudah dalam hal perekonomian sosial dan kemasyarakatan,contoh jejaring sosial online shoop.dan juga peran TI dalam pemerintahan itu sangat penting karna aparatur negara dalam menjalankan tugasnya sangat terbantu dengan adanya TI,contohnya polisi terbantu bisa menangkap para penjahat dengan menggunakan alat TI yaitu dengan cara pemasangan alat cctv tetapi juga ada sisi negatifnya semua kembali lagi kepada individu masing masing.

Anonim mengatakan...

Nama : Muhammad Fariz Azhali
NPM : 41153010110028
Jur/sem/kls : IP/VI/A

Jawaban :
1.Menurut pandangan saya, penerapan teknologi informasi di Indonesia cukup baik, contoh yang saya ambil terkait dari kebijakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)yang memberlakukan penyadapan terhadap ponsel para pejabat negara, meskipun menuai banyak kritik, tetapi cara tersebut sangan efektif untuk dapat menunjang kinerja KPK. contoh lainnya adalah diberlakukannya sistem audit keuangan secara online, tujuannya lebih kepada transparansi intansi-intansi keuangan dalam menjalankan proses audit keuangan.hali ini dapat meminimalisir tindak pidana pengelapan dana juga kongkalikong oknum aparatur negara (kolusi),
satu contoh lainnya adalah program BKN (Badan Kepegawaian Negara) dalam melakukan test penerimaan PNS, dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), sistem ini memudahkan para CPNS dalam mengisi jawaban dan dapat mengetahuinya langsung. sistem tersebut dapat meminimalisir kecurangan dalam test CPNS
, juga menghidari dari tindakan nepotisme.

2. ada 2 kemungkinan yang akan terjadi, jika para penduduk usia dewasa (17 keatas) mengakses internet demi keperluan yang dapat menguntungkan mereka, negara ini akan menjadi negara dengan penduduk tercerdas dan pintar dalam segala bidang, sebab didalam internet sangat banyak hal-hal bermanfaat, tetapi jika penduduk usia dewasa mengakses konten-konten yang berbau negatif, dapat diprediksi negara ini akan menjadi negara tak bermoral, negara penuh dosa, kuncinya adalah bagaimana caranya KEMENKOMINFO dapat menutup segala akses internet berbau hal negatif seperti konten porno, website perjudian dan semua hal yang bersifat negatif.

Anonim mengatakan...

nama : Robby anggada bimasya
npm : 41153015130053
jur/sem/kls : ip/VI/A

jawaban :

1) menurut saya belum mempengaruh besar , karena masih banyaknya koruptor di indonesia .. tetapi tegnologi informasi sangat membatu untuk membangun negara yang bersih .

2)menurut saya itu pasti ada segi positif sama negatifnya contoh :
positif : masarakat yang berada d pedasaan dapat mendapat pengetahuan dan wawasan yang lebih ..
negatif : banyaknya penyalah gunaan internet .

Anonim mengatakan...

Nama : Herlambang Setio Budi
NPM : 41153010110059
Jurusan/semester/kelas : IP/VI/A

1. Membantu, tetapi belum optimal. Kita dapat melihat peran penerapan teknologi informasi dalam memberantas KKN di Indonesia sangat besar, beberapa kasus korupsi dapat di berantas menggunakan teknologi. Yang harus di perhatikan adalah pengoptimalan penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan pemerintah, seperti perekrutan pegawai, penganggaran, serta pengawasan haruslah di lakukan secara online. Hal ini dimaksudkan agar setiap kegiatan pemerintah haruslah dilakukan secara transparan agar publik dapat melihat atau mengontrol apa yang dilakukan oleh pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan agar tidak terjadi kecurangan-kecurangan.

2. Penggunaan teknologi informasi akan menimbulkan beberapa dampak, seperti dampak positif dan negatif. Dampak positifnya dapat dilihat dari cepatnya arus informasi yang dapat diterima oleh masyarakat, dan penggunaan teknologi menunkkan bahwa masyarakat Indonesia sudah hidup secara modern dan tidak gagap teknologi(gaptek). Dampak negatifnya dapat kita lihat dari beberapa sumber penyakit yang disebabkan oleh penggunaan teknologi yang terlalu berlebihan, seperti sakit pada mata serta tidak jarang juga penggunaan teknologi yang berlebihan tersebut dapat menyebabkan kematian. Seperti pada beberapa bulan yang lalu terdapat kasus kematian yang menimpa seorang karyawati salah satu perusahaan di Indonesia meninggal dunia setelah bekerja 30 jam nonstop di depan komputer. Dampak negatif lainnya dapat kita lihat dari penyalahgunaan penggunaan teknologi informasi, beberapa kejahatan di dunia maya sering terjadi seperti trafficking, penjualan obat-obatan terlarang,perjudian, serta situs-situs porno lainnya.

Anonim mengatakan...

Nama : Elisabeth Wete
Npm : 411530101110017
Jurusan : IP/VI/A

Jawaban :
1. Menurut Pendapat saya bahwa pemerintah di negara ini harus menjalankan tugas dan wewenangnya dengan penuh tanggung jawab,yang bersih dari korupsi,kolusi,dan nepotisme.Tekad tersebut tidak hanya di cetuskan oleh jajaran pemerintah saja,namun juga oleh seluruh penyelengara negara dalam rangka mencapai suatu tujuan,sebagaimana telah di cantumkan dalam UUD 1945.

2.Yang akan terjadi menurut Saya adalah akan menimbulkan 2 dampak dalam menggunakan alat elektronik yaitu dampak positif dan dampak negatif.dampak positifnya adalah menambah pengetahuan(ilmu komputer khusunya),efisiensi waktu untuk kerja.membantu dalam banyak hal,dan informasi pendidikan,kebudayaan,pertkaran info maupuan data,dan membantu mencari tugas.dan lebih cepat mencari data saat di butuhkan.
Sedangkan dampak negatifnya adalah,kecanduan bagi yang main game,boros internet,merusak otak dengan menonton situs porno,penjualan obat obat terlarang perjudian dan lupa waktu.

Hasbi Mauriza mengatakan...

Nama : Hasbi Mauriza Haqi
Npm : 41153015120084
Kelas : IP/VI?A

1. Korupsi, Kolusi, dan nepotisme di Indonesia semakin lama dapat terusut oleh media teknologi informasi, hal tersebut tercipta akibat adanya suatu transparansi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemerintahan. hal yang dilakukan lembaga pemerintah agar terciptanya pemerintahan yang bersih adalah dengan memiliki situs dan web resmi.

2. Di zaman modern seperti sekarang, kehidupan manusia tak bisa lepas dari teknologi bernama internet. Manfaat internet bagi masyarakat di Indonesia memang cukup banyak dan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.
Internet memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Masyarakat Indonesia pun tak hanya menggunakan internet sebagai media untuk meringankan pekerjaan, tapi juga untuk hal lain seperti bergaul atau bahkan mencari penghasilan tambahan.

Peta Visitor

Free Kicks Game